Rabu, 10 Juni 2015

Serial Gurah 1B, Sejarah Gurah


B Sejarah Gurah Pada Jaman Rasulullah

Pengobatan gurah sudah dikenal sejak jaman Rasulullah SAW 1500 tahun yang lalu, bahkan mungkin lebih lama.  Hal ini terbukti sebagaimana disebutkan oleh Imam Abu Dawud dalam sunan-nya bahwa Rasulullah SAW pernah menganjurkan para sahabat dan umatnya untuk melakukan terapi gurah guna mengobati penyakitnya. Ini menunjukkan bahwa terapi gurah manjur dan berkhasiat nyata.
Dalam as Sunan dan al Musnad diriwayatkan dari hadits Jabir bin Abdillah bahwa menceritakan Rasulullah SAW pernah menemui Aisyah yang kala itu menemui seorang bayi yang hidungnya menegeluarkan darah.

Rasulullah bertanya : “Ada apa ini?” Aisyah menjawab “Celaka kalian, jangan kalian bunuh anak kalian, wanita manapun yang anaknya terkena penyakit uzroh atau sakit kepalanya, hendaklah mencari Qisthi India dicampur air lalu digunakan sebagai gurah”.

Maka Aisyah memerintahkan agar dicarikan bahan tersebut untuk digunakan mencekok bayi dan bayi itupun sembuh.

Dalam hadits ini dijelaskan bahwa manfaat gurah menurut Nabi Muhammad SAW adalah  untuk mengobati udzrah dan sakit kepala. Metode gurah dengan menggunakan Qisth yang dihaluskan dapat menyembuhkan penyakit udzrah. Karena Qisth memberikan sifat kering mengikat anak lidah dan memposisikan secara tepat. Penyakit udzrah ini adalah yang didominasi dahak dan penyakit ini biasanya menyerang anak kecil. (Verri JP)


Untuk info gurah dan Herbal hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar