Rabu, 10 Juni 2015

Serial Gurah 1F. Penelitian Tentang Gurah

F. Penelitian Medis Tentang Gurah
Beberapa penelitian ilmiah medis tentang gurah, antara lain :
1.         Sari metanol kulit akar segunggu (srigunggu) mempunya khasiat anti bakteri terhadap staphylococcus aureus dan senyawa yang aktif adalah flavonoid.
2.         Pemberian ekstrak kulit segunggu pada trakea pada marmut dapat menyebabkan penghambatan terhadap respon kontraksi maksimum histamin dan metakolin sebanding dengan ekstrak yang diberikan.
3.         Selain itu pemberian ekstrak kulit agar srigunggu  dapat menurunkan viskositas (mengencerkan) larutan lendir.  Semakin besar kadar larutan uji, maka semakin besar pula penurunan viskositas yang terjadi (lendir semakin encer).

Dalam pengobatan modern, untuk mengeluarkan lendir-lendir berlebihan yang mengganggu mekanisme kerja organ tubuh, sehingga mengakibatkan susah bernafas, adalah dengan menggunakan terapi penguapan atau lebih dikenal dengan istilah Nebulizer yang menggunakan bahan ventolin.

Terapi ini dilakukan dengan meletakkan alat yang menyerupai alat pernafasan para penyelam (yang biasa digunakan untuk menghirup oksigen dari tabung). Hidung pasien dihubungkan dengan selang kecil ke peralatan lain yang diberi ventolin. Dari perlatan yang diletakkan pada hidung pasien itulah nantinya akan mengeluarkan sejenis uap disertai dengan suara sedikit keras dari proses pembakaran obat. Kemudian uapnya tersebut dihisap oleh pasien. Maka terapi ini dikenal dengan istilah penguapan.

Terapi penguapan (nebulizer) ini berguna untuk mengencerkan lendir-lendir yang kental dan keras yang mengganggu pernapasan, pencernaan dan kinerja organ tubuh lainnya. Sehingga setelah lendir menjadi encer maka lendir itu akan mudah dikeluarkan.

Pada orang dewasa, untuk mengeluarkan lendir yang sudah diencerkan biasanya dengan berdahak dengan keras (Jawa :Nyenggrong), batuk-batuk, atau ditelan agar bisa dikeluarkan bersama kotoran saat buang air besar/kecil.

Pada anak balita sehabis proses penguapan, pasien biasanya dipukul-pukul punggungnya agak keras, dengan harapan lendir yang sudah diencerkan bisa keluar dengan mudah, sehingga kinerja organ tubuh yang semula terganggu akibat tersumbat lendir kotor yang kental bisa normal kembali.

Untuk info gurah dan Herbal hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar